Laporan Akhir 2 M1
1. Hardware [Kembali]
Keypad
LCD
Arduino UNO
2. Rangkaian Simulasi [Kembali]
3. Listing Program dan Flowchart [Kembali]
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#','D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11,10}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key=='key') { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
#include <LiquidCrystal.h>
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#','D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11,10}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key=='key') { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
4. Kondisi [Kembali]
Ketika ditekan
angka 1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9 pada keypad, maka ditampilkan angka yang telah
ditekan pada LCD.
5. Video Simulasi dan Prinsip Kerja [Kembali]
6. Analisa [Kembali]
1. Apa
fungsi potensiometer pada rangkaian? Kenapa bisa mengatur cahaya masuk pada LCD.
Jawab
: Potensiometer merupakan resistor yang bisa di atur. Dimana potensiometer pada
rangkaian menghambat arus yang masuk sesuai dengan nilai yang diatur dan akan
berpengaruh pada pencahayaan yang
ditampilkan LCD.
2. Kenapa
LCD bisa membaca karakter keypad yg diinputkan?
Jawab : Pada program
dideklarasikan keypad 4x4 yang artinya keypad 4 baris, 4 kolom dan tampilan LCD
menampilkan 16 baris, 2 kolom. Dimana ada perintah char key = keypad.getKey (); untuk membaca karakter keypad yang
diinputkan, lalu lcd.print(key) untuk
menampilkan karakter keypad yng diinputkan pada LCD.
7. Link Download [Kembali]
Listing Program disini
Video Simulasi disini
HTML Blog disini
Comments
Post a Comment